otomatis

Senangnya Outbond di Pantai Serang



Sekilas
Pantai Serang merupakan sebuah pantai yang berada di desa Serang kecamatan Panggungrejo kabupaten Blitar propinsi Jawa Timur. Terletak kurang lebih 45 km di arah barat daya kota Blitar.
Setiap bulan Suro, diadakan upacara di pantai ini. Pantai ini juga sering digunakan untuk memperkirakan bulan Ramadhan dan menentukan hari Raya Idul Fitri.
--> Pantai Serang merupakan pantai alam yang indah. Terbentang pasir putih sepanjang pantainya. Pengunjung dapat melakukan banyak kegiatan di pantai ini seperti
berenang, berjemur, memancing, berperahu, dll. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang terkenal di kabupaten Blitar. Kunjungi pantai Blitar dan anda akan menemukan pengalaman baru yang tak terlupakan sepanjang perjalanan anda. Selain itu, para pengunjung juga akan menyaksikan upacara tradisional di pantai ini yang digelar setiap tahunnya.
Pantai yang terletak di pesisir Samudra Hindia ini sebenarnya terdiri atas 3 komplek pantai. Selain pantai utama yang bila tanggal 1 sura diadakan upacara larung saji, di arah barat melintasi bukit terdapat pantai ke dua dengan pasir putih yang tidak terlalu luas bila dibandingkan dengan pantai yang pertama.
Lebih ke barat lagi terdapat pantai ketiga yang lebih luas dari kedua pantai sebelumnya. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang landai dengan ombak yang tidak begitu deras. Dahulu di sekitar pantai ini dipenuhi oleh batu-batuan putih yang indah orang menyebutnya dengan batu Lintang karena model batunya yang putih berkilauan, akan tetapi saat ini batu-batuan tersebut telah dieksplorasi karena nilainya yang mengiurkan.


Di tepi pantai (lebih kurang 20 meter dari bibir pantai) terdapat perkampungan nelayan yang apit oleh bukit di kanan dan kirinya. Tak jauh dari perkampungan nelayan terdapat tempat kapal-kapal nelayan yang bersandar. Di samping kiri teluk ini terdapat bukit karang yang biasanya digunakan sebagai tempat memancing ikan oleh penghobi mancing. Di daerah ini juga banyak nelayan pencari Lobster tradisional dengan menggunakan peralatan sederhana yaitu selang yang panjang sebagai alat untuk membantu pernafasan ketika menyelam menangkap lobster yang menempel di karang dasar laut.
Upacara Larung Sesaji
Upacara Larung Sesaji diadakan setiap tanggal 1 bulan Suro di laut selatan, pantai Tambakrejo, kecamatan Wonotirto. Upacara Larung Sesaji diadakan untuk mengucapkan rasa syukur dan do’a pada Tuhan yang telah memberikan hasil laut dan keselamatan pada para nelayan.

Upacara ini diikuti oleh hampir seluruh penduduk disekitar pantai. Mereka membawa sesaji berupa Tumpeng dan menghanyutkannya di laut selatan. Sesaji itu merupakan simbol dari ucapan syukur atas berkah yang mereka dapatkan dari Tuhan.

PETUALANGAN

Hari itu, kami (FAJAR-forum alumni jurnalis patria) bersama kawan-kawan adik SLA berwisata sambil praktek tugas travel feature dan fotografi. Selain itu juga ada beberapa outbond oleh panitia dari FAJAR. Adik-adik SLA berasal dari beberapa sekolahan yaitu terdiri dai SMAN 1 KADEMANGAN, SMKN 1 BLITAR, dan MAN NEGERI TLOGO BLITAR. Banyak permainan yang kami lakukan. Lihat kesenangan kami…. He2














This is my family Yang turut serta acara tersebut....






Cu on Indonesian core next story.....